Monday, February 15, 2010

IPA / IPS?

Gue mau ngangkat topik tentang IPA / IPS

Disini gue sebagain seorang anak IPA, iya gue anak IPA, gue tau banget banyak temen-temen gue yang ngga percaya, ko bisa sih seorang mirna masuk IPA?
Gue emang org yang cengengesan, konyol, suka bercanda, asal-asalan dan lainnya yang buat gue tercap anak yang ngga mungkin banget masuk IPA. tapi gimana dong emang kenyatannya Tuhan menakdirkan gue masuk IPA..

Dulu gue masuk IPA karena gue mikir di IPA gue bisa dapet jurusan kuliah IPA+IPS, sementara kalo IPS gue cuma bisa ambil jurusan IPS. cita-cita gue dari kecil sih jadi Presiden tapi gue juga berkeinginan jadi arsitek, gue suka gambar, gambar apapun, walaupun ya gue emang sama sekali ngga bisa gambar tapi setidaknya gue suka berusaha menggambar apapun hasilnya.

Waktu kenaikan gue dapet jurusan IPA, sementara temen-temen sepermainan gue di kelas hampir semua IPS. gue bimbang tapi gue bimbang bukan karena tingkat kesulitan IPA atau IPS tapi karena gue takut ngga punya temen di ipa, lucu ya?
orang tua gue terserah gue aja yang mana yang mau gue pilih, sementara kakak gue kekeuh gue harus di IPA mempertimbangkan dulu dia mau gue jadi dokter mengikuti jejak dia.


Sekarang gue udah kelas 3 dan gue memutuskan ambil jurusan IPS untuk kuliah, karena ternyata IPA dan IPS sistem peminatannya sudah terpisah, walaupun gue dari IPA gue tetep harus test IPS buat ngambil jurusan IPS, ngga kaya dulu yang membebaskan IPA masuk ke jurusan mana aja.

tapi dari semua panjang lebar ini yang mau gue angkat ditopik ini adalah, KENAPA ANAK IPS (BEBERAPA DAN HAMPIR KEBANYAKAN) SUKA SEKALI DAN TERLALU SERING MERENDAHKAN DIRI MEREKA?

Contoh nyata, gue ikut bimbel di kelas IPS, anak IPS pada bingung dan ya beberapa bahkan sampe ada yang selalu mengungkit dan mencerca "ngapain sih lo anak IPA pindah ke IPS?" atau kasarnya "dasar anak IPA bisanya menuh-menuhin IPS"
Gue bingung deh sama lo semua yang merasa tersaingi sama gue! come on guys gue cuma bisa belajar IPS kurang dr 6 bulan dan lo semua 3 tahun belajar IPS, dari mana lo liat gue sebagai pesaing lo?
apa sih kehebatan anak IPA sampe lo merasa sebegitu tersaingnya? Fisika? Kimia? Biologi? Realistis aja deh gue ngga ngerti tuh fisika, jujur aja ngga lebih dari seperempat bab yang gue mengerti dalam 3 tahun belajar! kimia okelah gue masih ngerti, begitu juga dengan biologi.

mungkin lo mikir; ya iya lah mir lo kan 'IPA-IPAan' emang lo ngga seharusnya di IPA. tapi ya coba kita lihat aja gimana anak IPA lainnya kalo mau ujian fisika, gimana stress nya karena ngga ngerti apa-apa.


Kenapa gitu harus membedakan anak IPA? Gue, sumpah deh gue ngga pernah ngerasa lebih hebat atau pinter dibanding ank IPS, karena gue tau banyak banget anak IPS yang lebih pinter dari anak IPA dan gue bukan orang-orang yang berpikiran sempit dan berasumsi IPA pinter dan rajin sedangkan IPS bego dan males.

Contoh lagi ya, sering banget nih temen gue yang IPS misalnya nanya soal matematika ke gue trus gue ngga bisa turs dia bilang "yah gimana sih lo katanya IPA ko gini aja ngga bisa?" Emang kenapa gitu kalo gue IPA trus gue ngga bisa, kenapa lo yang anak IPS ngga bisa?atau kenapa kita ngga sama-sama mikir kalo kita berdua kenapa ngga bisa? Atau temen gue yg bilang "lo aja anak IPA ngga bisa apa lagi gue" yaAllah gue aja gasuka bgt denger anak ini ngomong gini ke gue!!

please banget IPA itu ngga menjamin segalanya, dapet asumsi dari mana sih kalo IPA aja ngga bisa berarti IPS juga ngga bisa?


Apasih bedanya fisika sama ekonomi atau akutansi? Sama-sama susah kan? Sama-sama banyak pelajar yang susah buat ngerti kan?
Apa sih bedanya biologi sama geografi? Lo harus ngafal begitu juga gue, lo harus ngitung begitu juga gue. gue sebagai IPA dulu mikir geografi itu kan hafalan tapi sekarang setelah tau ternyata geografi itu ada ngitungnya kaya kependudukan dan lainnya. begitu juga biologi, biologi ngga cuman ngafal tapi ada ngitungnya, kaya ngitung genetika berapa persen kemungkinan sesuatu mengikuti induk yang A atau induk yang B dan lainnya.
Apa sih bedanya kimia sama sejarah? Kimia emang ada ngitungnya, tapi itu semua juga terkadang lebih membutuhkan ingatan kita, begitu juga sejarah bermain dengan angka yang harus diingetkan? tahun tanggal dan semacamnya.

yang lucu adalah ketika gue bimbang memutuskan IPA/IPS, gue meminta pendapat seorang teman kakak gue, dia anak IPS dan sampe sekarang gue akan selalu inget omongannya "kalo aku bilang mending IPS na, kamu pinter, kamu bisa jadi mutiara diantara lumpur karena kamu bisa lebih pinter dari anak IPS lain, dibanding kamu jd lumpur diantara mutiara di IPA" lucu! orang ini pintar dan dia sekarang adalah seorang mahasiswi FEUI melalui jalur SPMB, yakin kan kalian dia pintar?

dan mengapa ini lucu adalah kenapa dia sebagai anak IPS yang sangat bisa siakui kepintarannya harus merendahkan derajat jurusannya sendiri?
KENAPA?!

gue di IPA sempet rengking 7 terbawah tapi kalo gue mau bandingin poin gue sama anak IPS gue bisa berada di posisi 3 besar
. Mungkin itu lah yang dia maksut gue bisa jadi mutiara diantara lumpur kalo gue di IPS. Sedangkan gue di IPA gue cuma jadi lumpur diantara mutiara karena gue rengking 7 terbawah.

tapi sekarang gini toh mas mba logikanya, gue mungkin bisa rengking 3 besar di IPS dengan menggunakan poin IPA gue, tapi apakah mungkin gue bisa jadi rengking 3 besar kalo gue bener-bener di IPS?


Gue di IPA emang tergolong anak yang males, tapi kalo gue di IPS mungkin gue akan lebih males lagi atau sebaliknya. Kebanyakan anak IPS tuh udah termakan asumsi IPS males sih jadi mereka sendiri berakhir males! dan IPA udh termakan asumsi kalo mereka harus rajin dan kenyataannya mereka akan rajin. Gue sebagai yang males di kaum IPA, tapi gue suka terbawa rajin karena temen-temen gue semua pada rajin, itulah mungkin yang membuat gue mempunya poin lebih tinggi dibandingkan anak IPS.

Coba kalo gue di IPS mungkin gue juga akan terbawa sama asumsi orang IPS males dan gue pun jadi males, akibatnya bisa aja gue jadi 7 terbawah di IPS.

hal lucu lainnya adalah saat pertama kali gue masuk kelas IPS di bimbel, temen IPS gue dengan penuh dendam banget bilang "dia tuh anak IPA pak" dan si guru pun bilang "nah kan ujung-ujungnya sebagian dari kaum IPA berakhir jadi orang IPS seperti kita" dan gue kaget setengah mati dengernya, apa-apaan nih guru ko ngomongnya gitu! gue aja dengernya ngga suka dan tersinggung kenapa kelas ini hanya mengangguk? kenapa kalian semua setuju? kenapa kalian semua menerima omongan itu? kalian rela?
kenapa kalian semua ngga membuktikan kalo itu semua salah? kenapa kalia semua bangga dalam merendahkan diri kalian sendiri? KENAPA?!

Gue ambil jurusan IPS dan gue bangga! gue akan membanggakan gelar yang akan nangkring di nama gue, gue juga turut bangga sama temen-temen gue yang akan segera menjadi Polisi, Ahli Gizi, Hakim, Dokter, Arsitektur dan lainnya.
GUE SAMA SEKALI NGGA MINDER UNTUK MENJADI AKUNTAN DENGAN MEREKA-MEREKA YANG MENJADI DOKTER, gue bangga dan lo semua pun harus bangga!

segala sesuatu itu mempunyai keseimbangan, punya kekurangan dan kelebihan, ngga ada hal yang kurang semua atau yang lebih semua. masing-masing mempunyai peran penting dan yang harus kita pikirkan adalah bagaimana kita menjalani peran penting itu!

HIDUP IPA , HIDUP IPS!! HIDUP IPS, HIDUP IPA!!

1 comment:

Unknown said...

Subhanallah !! Aku bangga setelah baca ini.
Aku bangga sama semangat yang kamu punya,
Apa yang km katakan semua benar,tapi sekali lagi kamu harus buktiin
Sama semua org yg udah underestimate km.
Tunjukin bahwa km mampu !!
Ga peduli sama apa omongan sekitar,
Skrg berusaha maximal,lihat kedepan !!
Fikirkan dan renungi apa yang telah mama dan papa
Kamu berikan selama ini ke kamu hingga
Akhir SMA dan akhirnya menuju pintu PTN.
Dengan semua itu,kamu akan bisa optimis bakal
Ngedapetin semua apa yang km harapkan selama ini !!
U CAN DO IT DEAR !!!!!!
Aku tunggu ya :)


-seseorang yg selalu support km